NHW1 -Adab Sebelum Ilmu

Pada kesempatan ini saya menulis dalam rangka memenuhi tugas Nice Homework 1 MIIP, mengenai adab sebelum ilmu.

Setiap insan memiliki kewajiban menuntut ilmu, dari buaian hingga liang lahat. Bagi seorang ibu, memiliki ilmu adalah suatu hal yang mutlak diperlukan terkait peranannya sebagai madrasah pertama bagi anak. Sebagai seorang ibu, saya menyadari betapa masih sedikitnya ilmu yang saya miliki untuk membimbing dan mengantarkan anak-anak saya meraih cita-cita tertinggi, yaitu sukses dan selamat di dunia dan akhirat. Oleh karena itu jika saya harus menentukan satu jurusan ilmu untuk saya tekuni dalam universitas kehidupan, maka bidang ilmu tersebut adalah agama.

Menurut saya ilmu agama adalah fondasi yang sangat penting bagi ilmu-ilmu lainnya. Dengan landasan ilmu agama yang kuat maka kita dapat mengarahkan ilmu-ilmu lain menjadi amalan yang insyaallah mendatangkan berkah dan manfaat yang luas. Dalam kehidupan sehari-hari, kita memiliki begitu banyak peran, hak dan kewajiban, visi dan misi yang silih berganti harus ditunaikan. Keseluruhannya adalah dalam rangka ibadah kita kepada Allah swt. Sejak kita bangun tidur, menyiapkan segala kebutuhan keluarga di pagi hari, melepas suami dan anak-anak menuju aktivitas mereka masing-masing, menjalani rutinitas kantor bagi ibu bekerja, atau mengerjakan segala urusan manajerial rumah tangga bagi para fulltime mom, menemani anak belajar, mengawasi mereka bermain, dan aktivitas lain hingga di malam hari kita menutup mata kembali, kesemuanya adalah dalam kerangka ibadah yang harus dilandasi dengan ilmu.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka saya mencoba untuk menyusun beberapa strategi untuk menuntut ilmu antara lain:
  1. Mengikuti kajian-kajian keagamaan yang diadakan di daerah sekitar tempat tinggal saya, seperti ta’lim bulanan, kajian mingguan, dan kelas perbaikan bacaan Al-Qur’an
  2. Mencari lingkungan atau komunitas yang mendukung tujuan saya tadi, yaitu kumpulan orang-orang yang saling menyebarkan energi positif, saling mentransfer ilmu, saling menyemangati dalam proses belajar dan menambah ilmu. Komunitas ini bisa didapatkan dari program pengajian, komunitas menulis, dan program Matrikulasi IIP ini.

Pada materi pertama kelas Matrikulasi, diuraikan pentingnya adab sebelum ilmu. Maka sehubungan dengan adab tersebut, ada beberapa hal yang sedang saya perbaiki, diantaranya berusaha untuk terus meluruskan niat, bahwa ilmu yang dicari adalah untuk diamalkan dalam rangka mencari ridha Allah swt. Juga senantiasa memupuk semangat untuk terus mencari ilmu yang bermanfaat, serta berdoa dan memohon kepada Allah untuk diringankan langkah dalam mencari ilmu dan diberikan pemahaman yang baik.

Wallahua’lam bishawab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dia Bayi Down Syndrome?

Deeba's Delight

Ciri-ciri Tetralogy of Fallot Yang Nampak Pada Baby Adeeba