Variasi Menu Sahur Anak

Variasi menu sahur untuk anak

Bulan ramadhan sudah hampir berakhir ya maak… Hari ini kita sudah melewati pertengahan ramadhan, bagaimana puasanya anak-anak, mak? Semoga masih tetap semangat ya… Kali ini saya ingin berbagi beberapa menu favorit anak-anak untuk santap sahur. 

Pada dasarnya kita tidak perlu memaksa anak-anak makan sahur sampai kenyang, tetapi cukup memenuhi kebutuhan karbohidrat, serat, dan protein anak. 

Jangan lupa kebutuhan cairan juga ya maak. Kalau anak susah minum air putih, bisa diimbangi dengan susu atau jus. Jus buatan emak alias homemade tentu lebih baik ya, karena jus kemasan biasanya mengandung gula yang sangat banyak yang kurang baik bagi kesehatan anak.

Nah untuk karbohidrat juga tidak perlu terlalu banyak, tetapi tetap diperlukan ya mak. Kalau anak tidak begitu berselera makan nasi di saat sahur, bisa kita ganti dengan pasta, kentang atau yang lainnya.

Langsung aja ya mak, saya tampilkan beberapa menu sahur yang biasanya cukup menggugah selera anak.

Nasi gulung nori
Ini bikinnya super duper gampang dan praktis. Sediakan lembaran nori, letakkan diatas plastik. Letakkan nasi panas secukupnya di atas lembaran nori, lalu letakkan bahan isian di bagian tengah nasi. Untuk bahan isian biasanya saya gunakan abon, potongan keju cheddar, sosis, kornet, orak-arik telur, atau yang lainnya, sesuai selera anak. Setelah itu gulung nori dengan bantuan plastik tadi.


Pizza nasi
Ini juga termasuk super duper gampang, yaitu nasi (sedikit saja) dikocok dengan telur (2-3 butir), garam, lada bubuk, dan parutan wortel. Boleh juga ditambahkan potongan sosis, kornet atau daging cincang ke dalam campuran tersebut. Masak campuran nasi tersebut diatas wajan dadar, tunggu hingga bawahnya set, lalu balik dengan hati-hati. Masak sebentar, lalu balik lagi. Taburi permukaan dadar dengan keju mozzarella, tutup agar keju meleleh.


Makaroni schotel
Yang ini bisa kita siapkan bahan-bahan matangnya di malam hari lalu simpan di dalam lemari es. Pagi harinya tinggal kita panggang dan sajikan.


Kremesan
Ini juga favorit banget buat krucil saya. Disajikan bersama ayam goreng atau lele goreng. Membuatnya mudah, tapi butuh sedikit kesabaran karena harus dimasak satu persatu, dan jelas ribet kalau membuatnya di pagi hari menjelang sahur. Jadi biasanya saya membuat stok di waktu senggang untuk disimpan di wadah tertutup agar tetap renyah saat akan disajikan untuk sahur.


Tahu kornet
Ini juga cukup enak untuk disajikan saat sahur. Tahu dihancurkan, dicampur dengan kornet, parutan wortel, garam, lada bubuk, kocokan telur, lalu dikukus, dan setelah matang dan didinginkan, digoreng dengan dicelupkan dalam putih telur terlebih dahulu.


Itu dulu ya maak, beberapa menu yang semoga bisa menambah variasi menu makan sahur anak-anak. 

Komentar

  1. Wah pizza nasinya boleh tu dicoba, soalnya anak keduaku gak suka nasi TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...sama anak saya jg ga begitu suka nasi...hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dia Bayi Down Syndrome?

Pengalaman Persami Pertama

Ciri-ciri Tetralogy of Fallot Yang Nampak Pada Baby Adeeba