Serunya Bermain dan Berkreasi Bersama Kokoru



    Beberapa waktu lalu, Naila meminta sesuatu pada saya. “Mi, beliin kokoru dong Mi.”
    Kokoru? Makanan jenis apa itu? Saya terheran-heran. Ternyata, kokoru adalah nama sejenis kertas. Lebih tepatnya, kertas yang satu sisinya bergelombang, dan sisi lainnya rata.
    “Buat apa, Kak?” tanya saya.
    “Buat bikin mainan, hehehe…” jawab Naila.
                          Gambar: www.kokoru.co.id

Sebagaimana yang kita ketahui, bermain bisa menjadi sarana bagi anak-anak untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas mereka. Banyak permainan yang dirancang untuk tujuan tersebut. Jika selama ini kita mengenal origami, clay, lego serta play-doh, kini ada pula kokoru.
Dari namanya, mungkin kita akan berpikir bahwa permainan ini berasal dari Jepang, seperti halnya origami. Namun ternyata kokoru berasal dari Indonesia. Nama kokoru sendiri ternyata diperoleh dari kata color corrugated paper. Kokoru diproduksi dan dipasarkan secara luas, bahkan hingga ke Jepang.
    Di tempat saya di Depok, kokoru banyak di jual di kios-kios fotocopy dan stationery. Dalam satu kemasan plastik, biasanya terdapat beberapa lembar kertas kokoru dengan bermacam warna yang menarik.
Jika origami dibuat dengan cara melipat-lipat kertas, maka kokoru dibuat dengan menggunting-gunting dan menggulungnya menjadi bentuk yang diinginkan. Bagian-bagian yang sudah digulung itu nantinya disatukan dengan lem, membentuk obyek yang lebih spesifik.
                  Gambar : www.kokoru.co.id
Bagaimana, sepertinya mudah dan menyenangkan ya, berkreasi dengan kokoru?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dia Bayi Down Syndrome?

Deeba's Delight

Ciri-ciri Tetralogy of Fallot Yang Nampak Pada Baby Adeeba