Menu Bekal Sekolah yang Praktis, Lezat dan Sehat


Hai Mak, saya ingin berbagi menu bekal sekolah anak-anak yang cukup mudah dibuat namun tetap lezat dan sehat. Apa saja? Simak menunya di bawah ini ya.

Roti gulung sosis
Olesi roti tawar dengan margarin di kedua sisinya. Olesi bagian atsnya dengan saus tomat, lalu letakkan sosis yang sudah digoreng di tepi roti, gulung ke bagian ujungnya. Panggang roti di atas wajan Teflon dadar, dengan sedikit ditahan dengan spatula agar gulungan tidak terbuka.


Nasi gulung nori
Sediakan nori (saya pakai merk Mama Suka). Ambil 1 sdm nasi hangat, ratakan di atas lembaran nori. Letakkan bahan isian (abon, telur orak-arik, suwiran ikan atau ayam, potongan keju, atau apa saja sesuai selera). Gulung nori dengan hati-hati.


Pizza toast
Siapkan roti tawar, olesi permukaannya dengan saus tomat atau saus Bolognese, taburi sosis dan keju. Panggang sebentar hingga matang.


Buah potong
Buah yang biasa digunakan misalnya mangga, kiwi, stroberi, anggur. Cuci bersih buah, potong-potong sesuai kebutuhan, masukkan dalam cup puding atau wadah lain yang terpisah dari bekal lainnya.


Macaroni schotel
Rebus makaroni hingga matang, sisihkan. Tumis bawang putih, merica bubuk, dan bahan lain seperti daging cincang, sosis, potongan wortel, atau jagung, masak hingga matang. Masukkan makaroni, kocokan telur dan susu cair. Tambahkan keju parut, dan garam. Masukkan campuran makaroni dalam cup aluminium foil, taburi permukaannya dengan keju cheddar parut atau mozzarella, panggang hingga matang.


Bihun goreng
Rebus bihun hingga matang. Tumis bumbu halus berupa bawang putih, merica, kemiri dan ebi, hingga harum. Masukkan potongan sayuran dan bakso, masak hingga matang. Masukkan bihun, kecap, dan saus tiram. Aduk rata.


Telur dadar gulung (tamagoyaki)
Kocok telur (3-4 butir) dengan garam, dan merica bubuk. Siapkan bahan isiannya sesuai selera, boleh berupa lembaran nori, potongan sosis, kacang polong, wortel, atau keju.
Buat selapis dadar dengan api kecil. Taburi bahan isian, gulung dengan hati-hati ke bagian tepi wajan. Tuang sesendok lagi kocokan telur, ratakan hingga mengenai gulungan telur yang pertama tadi, taburi bahan isi. Gulung mulai dari bagian telur yang pertama tadi ke atas dadar yang baru. Sisihkan ke tepian wajan. Buat dadar lagi dan ratakan hingga mengenai gulungan telur tadi. Lakukan hingga telur habis.


Demikian tadi beberapa variasi menu bekal sekolah favorit anak yang praktis dan mudah dibuat sendiri. Semoga menginspirasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dia Bayi Down Syndrome?

Deeba's Delight

Ciri-ciri Tetralogy of Fallot Yang Nampak Pada Baby Adeeba