Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif Hari Ke-2

Tantangan Hari Ke-2

Hari ini jadwalnya kakak latihan pramuka. Sepulang sekolah, Naila dikunjungi seorang temannya, yaitu tetangga sekaligus teman sekelas Naila.
Biasanya, Naila dan temannya ini jika sudah bertemu akan lupa waktu, karena asyik mengobrol atau bermain. Padahal tiga puluh menit lagi mereka harus berangkat latihan pramuka. Maka saya memanggil Naila dan berbicara padanya.

“Kakak, mau berangkat pramuka?” Tanya saya.

“Mau mi,” kakak mengangguk.

“Nah, coba Kakak lihat sekarang jam berapa? Kita harus berangkat jam berapa supaya tidak terlambat?”

“Berangkat setengah jam lagi, mi.”

“Kakak mau makan dulu atau tidak? Sudah menyiapkan apa saja yang mau dibawa?”

“Belum mi,” ucap Kakak. “Sekarang Kakak mau nyiaipin dulu ya mi, setelah itu kakak mau makan. Lalu setengah jam lagi kita bisa berangkat.”

“Oke.”

Memberikan instruksi saja mungkin sudah tidak tepat untuk anak seusia Naila, karena mereka harus tahu hubungan sebab akibat, juga bahwa ada konsekuensi dari setiap hal yang kita lakukan. Misalnya, jika Naila tidak bergegas makan dan siap-siap, maka ia akan terlambat latihan pramuka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dia Bayi Down Syndrome?

BAYI-BAYI SURGA

Pengalaman Membuat Proyek Kemandirian Bersama Anak