Komunikasi Produktif - Tantangan 10 hari
Hari Ke-7

Kemarin malam sebelum tidur, Naila minta pada saya agar dirinya dibangunkan pukul 4 pagi karena ada yang harus ia hafalkan. Jadi pagi tadi ia saya bangunkan jam 4. Dan seperti biasa, ia baru benar-benar bangun setengah jam kemudian.

Setelah selesai solat subuh, ia membuka bukunya dan mulai menghafal. Belum begitu lama sejak ia mulai belajar, saya melihatnya menelungkup di atas bukunya. Ia mulai terlihat putus asa.

Ternyata hadits yang dihafalkannya cukup panjang. Saya juga geleng-geleng kepala melihatnya. Naila mulai uring-uringan. Karena saya sedang menyambi menyiapkan bekal abinya serta bekal sekolah anak-anak, maka saya meninggalkannya sebentar.

Beberapa menit kemudian saya kembali menemuinya, lalu mengajaknya bicara.

"Kakak, haditsnya panjang sekali ya, untuk dihafalkan sekarang?" Tanya saya. Kakak mengangguk.


"Sekarang begini Kak, suka atau tidak, Kakak kan tetap harus menghafal hadits itu karena disuruh oleh bu guru kan? Nah, teman-teman Kakak juga sama. Mereka juga pasti sedang menghafal, sama seperti Kakak. Sekarang, Kakak berusaha semampu Kakak saja dulu ya. Tidak usah berpikir kalau hadits ini panjang dan susah dihapal. Kakak baca saja dan hapalkan sebaris-sebaris. kalaupun nanti waktu di test Kakak ternyata belum hafal, toh ibu guru tahu kalau Kakak sudah berusaha."

Akhirnya Naila menghafal semampunya pagi itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dia Bayi Down Syndrome?

Deeba's Delight

Ciri-ciri Tetralogy of Fallot Yang Nampak Pada Baby Adeeba